Tanaman yang bernama latin Apium graveolens  ini memang telah dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tak hanya daunnya saja yang memiliki khasiat, akar, buah, dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat. Berikut berbagai manfaat seledri.

            Untuk menyuburkan rambut, caranya cuci 7 – 10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah dikeramas, gosokkan tumbukkan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1 jam. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

            Untuk menurunkan kolesterol, cuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus. Seledri juga bias digunakan mengatasi alergi. Caranya ambil 2 batang seledri, 3 buah wortel ukuran sedang, dan 1 buah umbi bit ukuran sedang, cuci bersih, lalu dijus. Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.
            Sementara untuk mengurangi kolik dan sakit perut, 60 gram seledri segar, 1 ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren direbus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, airnya diminum sekaligus.
            Seledri juga bias meredakan batuk yakni cuci 30 gram seledri segar, lalu potong – potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Bila suka, tambahkan madu. Gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

            Untuk mengobati bronkitis , caranya cuci 60 gram seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren hingga bersih. Setelah dipotong – potong, masukkan ke dalam panci email, tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan airnya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore.

            Bagi yang tekanan darah tinggi, ambil 100 gram seledri seutuhnya sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air hangat, lalu disaring. Setelah dingin, bagi untuk dua kali minum, pagi dan siang. Untuk mengatasi mata kering, caranya makan daun seledri sebagai lalap segar. Lakukan setiap hari. Demikian pula untuk mengobati rematik, caranya cuci 30 – 40 lembar daun seledri, lalu siram dengan air panas. Makan sebagai lalapan. Lakukan dua kali sehari.

FACEBOOK COMMENTS